Dekorasi Ruang Keluarga Gaya Skandinavia

Setiap orang memiki jiwa seni, terutama dalam hal mendekorasi ruangan dalam sebuah rumah. Salah satu ruang penting di dalam rumah adalah ruang keluarga atau ruang tengah dalam sebuah rumah. Di ruang keluarga, kita bisa berkumpul dengan teman, keluarga atau kerabat dengan suasana hangat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sebaiknya ruangan keluarga harus dirancang dan dilengkapi dengan furnitur dan desain yang sempurna.

Salah satu desain yang saat ini dikagumi oleh banyak desainer interior adalah ruang keluarga bergaya Skandinavia.

Saat ini gaya Skandinavia dapat dianggap sebagai pendekatan baru untuk desain sebuah ruang keluarga. Ia memiliki beberapa karakteristik yang cukup khas. Sangat sederhana dan fungsional. Mari kita bahas  gaya tersebut  sedikit!

Fungsionalitas gaya Skandinavia berasal dari iklim Eropa utara di mana negara-negara Skandinavia berada.

Karena mereka harus mengalami musim dingin yang panjang dan berat, mereka memilih untuk menggunakan furnitur yang dapat mengatasi unsur lembab. Karena mereka memprioritaskan fungsionalitas, tampilannya sendiri sedikit ditinggalkan. Di situlah kesederhanaan mampu menerobos sebuah ruangan keluarga yang bisa menghangatkan suasana.

Sebagai gambaran mengenai gaya ini, kami telah memberi Anda beberapa ide ruang keluarga bergaya  Skandinavia. Mari kita simak !

1. Simpel Tapi Tetap Gaya – Ruang Keluarga Gaya Skandinavia

Di sini, kita akan menyimak mengenai  gaya dari warna Skandinavia. Jika Anda memperhatikan model ini  ada dua warna yang menjadi warna khas gaya skandinavia ini, abu-abu dan putih.

Kita perlu meninjau kembali salah satu ciri gaya skandinavia ini, adalah kesederhanaan. Putih dan abu-abu mewakili kesederhanaan, apalagi warna tersebut  membuat ruangan terasa ringan dan luas. Tentu saja, jika hanya putih dan abu-abu, ruangan mungkin menjadi terlalu polos.

Untuk mengatasi persoalan seperti itu, Anda dapat menambahkan beberapa warna disekitarnya, seperti warna dengan motif kayu di kursi, warna hijau pastel pada sarung bantal, dan coklat kayu alami pada dekorasi.

2 Berani Tampil Beda – Desain Ruang Keluarga Gaya Skandinavia

Ketika berkunjung  ke desain ruang keluarga dengan gaya Skandinavia, Anda sudah dapat melihat bahwa gaya ini memiliki pengaturan interior serta furnitur yang berbeda dengan yang lain. Perlu anda ingat  bahwa gaya ini memprioritaskan sebuah fungsionalitas,  Itulah mengapa ruangan itu tampak sangat bersih dan rapi.

Rak buku yang bersebelahan dengan stand terbuka telah berhasil membuat buku tampak rapi, beberapa kotak hiasan, dan beberapa hal lainnya.

Kursi dan sofa cukup untuk menampung  jumlah penghuni  rumah. Selain itu, tata letak sofa menyisakan begitu banyak ruang, anda lebih leluasa selama di dalam ruangan.

Sekali lagi, model ini menunjukkan penampilan signifikan abu-abu dan putih. Dinding putih dibiarkan kosong tanpa mural atau semburat warna. Hal ini begitu menunjukkan bagaimana ruang keluarga dengan gaya Skandinavia sangat memprioritaskan sebuah kesederhanaan.

3. Ruang Keluarga Gaya Skandinavia dengan Perapian Antik

Melihat dari segi  fungsionalitas dan kesederhanaan, desain ruang tamu Skandinavia biasanya menggunakan lantai kayu yang sama di semua kamar, termasuk ruang keluarga.

Dalam model ini, lantai kayu telah dicat ulang dengan warna yang lebih lembut daripada warna coklat kayu alami yang kuat.

Warna-warna yang bisa dilihat di sini adalah abu-abu, putih dan kuning  pastel dan warna biru. Selain itu, ruangan juga menampilkan barang dan perabotan yang unik yang menjadi pusat ruangan seperti  perapian yang unik dan lampu gantung yang antik.

4. Ruang Keluarga Apartemen Dengan Gaya Skandinavia

Kita telah melihat bagaimana gaya Skandinavia diterapkan di ruang keluarga dalam sebuah rumah. Bagaimana dengan ruang keluarga pada apartemen kecil? Apakah masih mungkin untuk menerapkan gaya khas ini pada sebuah ruang terbatas?

Seperti  kita ketahui desain ruang tamu Skandinavia mengutamakan fungsionalitas dan kesederhanaan. Salah satu sifat terkuat adalah karakter garis-bersihnya. Fitur garis bersih dapat diaktualisasikan dengan menggunakan warna putih.

Seperti yang Anda lihat, putih, di sini, adalah warna yang dominan. Ada di dinding, ubin, dan beberapa perabotan yang mana bisa menciptakan efek garis bersih.

Untuk menambahkan semburat warna, Anda menambahkan beberapa hiasan dinding, seperti  lukisan  atau hiasan lampu yang mampu membuat ruangan lebih hidup.

5. Aksen Kuning Pada Ruang Keluarga Gaya Skandinavia

Skandinavia biasanya mengadopsi jendela besar. Fungsi jendela besar agar cahaya yang lebih alami masuk lebih banyak untuk menyinari ruangan, sehingga ruangan terasa lebih terang dan lebih terbuka.

Karena jendelanya yang besar, terkadang pemilik rumah ingin menjaga perabotnya tetap minimalis, seperti lampu pada ruangan rumah ini.

Selain itu, untuk membuat ruangan lebih menarik, Anda dapat menambahkan foto berbingkai, lukisan, atau karya seni.  Pada gambar ini selain gambar berbingkai, sertakan  juga aksen kuning pada kursi dan sarung bantal supaya lebih suasana lebih hangat dan ruangan tetap hidup.

 

Diatas adalah contoh konsep desain ruang keluarga dengan gaya skandinavia, berikut kami akan tampilkan beberapa gambar desain ruang keluarga gaya skandinavia yang kami kumpulkan dari berbagai sumber, semoga bisa menginspirasi anda adalam membangun sebuah rumah idaman.