Ruang Tamu Dengan Gaya Skandinavia

Gaya Skandinavia merupakan perpaduan antara dekorasi tua atau klasik dengan modern, konsep gaya skandinavia  lebih menekankan pada warna-warna yang kalem dan tenang. Jika anda baru mendengar desain interior dengan gaya skandinavia untuk yang pertama kali, silakan telusuri artikel kami supaya anda bisa lebih mengenal artikel ini yang akan membahas ruang tamu dengan gaya skandinavia ini.

Gaya Skandinavia terlahir sebagai bentuk jawaban atau respon terhadap musim dingin yang berkepanjangan dimana cahaya dari alam yang masuk pada ruangan sangat sedikit. Desain Skandinavia lebih menggunakan warna-warna terang dan furniturenya dari kayu dimana salah satu tujuannya untuk menjaga agar pencahayaan yang masuk pada ruangan lebih terlihat dan untuk menciptakan suasana hangat.

Seperti penjelasan diatas tadi, gaya Skandinavia lebih mencerminkan karakter pemilik rumah melalui ide-ide sederhana yang mereka terapkan pada desain interior rumah. Konsep dekorasi minimalis yang diterapkan adalah jawabannya.

Konsep desain Skandinavia bisa diterapkan pada bagian ruangan manapun didalam rumah, konsep desain interior ini cepat beradaptasi pada sebuah ruangan dan tentunya pada sebuah ruang tamu dengan konsep Skandinavia yang akan kita bahas.

Semoga pembahasan berikut dapat membantu anda dalam mendesain sebuah ruang tamu idaman dengan gaya skandinavia.

Ide ruang tamu Skandinavia:

Pencahayaan adalah perhatian utama

Ada beberapa aspek yang akan perlu di perhatikan lebih utama dalam desain Skandinavia. Yang pertama dan paling penting dari salah satunya adalah bahwa cahaya harus selalu ada. Baik itu cahaya alami atau buatan seperti lampu gantung atau lampu dinding, pencahayaan adalah definisi dari sebuah konsep desain interior Skandinavia.

Interior Skandinavia sangat cerah, bahkan menjadi titik fokus dalam banyak desain. Pencahayaan dapat menentukan suasana hati penghuni rumah dan membuat nyaman dengan suasana rumah yang hangat.

Ada banayak pilihan untuk menerapkan pencahayaan pada sebuah ruang tamu, seperti lampu pada dinding, lampi hiasan gantung, lampu meja, dan sebagainya. Meskipun yang banyak diterapkan dalam desain Skandinavia ini adalah lampu industrial yang berbahan logam dengan bahan yang kuat.

Selain desain cahaya dengan penerapan lampu pada sebuah ruang tamu, pilihan lainnya adalah dengan membangun sebuah perapian, dengan memiliki sebuah perapian pada ruang tamu terasa akan  lebih alami dan suasana rumah terasa lebih hangat.

Terapkan desain dengan nuansa alami

Desain ruang dan interior harus dijaga tetap sederhana, usahakan dengan material bahan alami.

Perpaduan antara desain klasik dengan modern bisa diterapkan. Dalam memilih furniture sebaiknya pilih desain yang bersifat fungsional, lebih banyak ruang terbuka agar lebih leluasa dan suasana lebih terasa segar.

Memilih bahan tekstil adalah cara yang baik untuk memulai bagian dekorasi. Memasang karpet kecil di bawah meja kopi akan lebih memberi kita suasana yang nyaman. Ingatlah desain Skandinavia adalah  bahwa kita berhadapan dengan suasana hawa dinginsebaiknya  kita tidak bisa menrapkan desain sofa terbuka.

Jika Anda ingin mencari tekstur yang selalu berfungsi dalam desain Skandinavia, cobalah bahan kulit. Adalah hal yang tepat  bahwa di tempat yang dingin seperti bahan kulit cocok digunakan untuk manghangatkan suasana rumah. Tidak selalu harus terbuat dari kulit asli, bahan kulit yang sintetis pun akan memenuhi fungsi dekoratif. Gunakan bahan tersebut sebagai karpet atau sebagai hiasan untuk memberi karakter pada dinding.

Bagian penataan interior harus dibuat praktis.Pasang banyak rak di dinding untuk menyimpan semua jenis dekorasi yang membuat para tamu tetap hangat. Desain sebaik mungkin untuk membuatnya menarik di bagian visual.

Lantai Dibiarkan Terbuka

Anda dapat menggunakan karpet kecil untuk membuat titik di mana orang harus meletakkan kakinya di suhu dingin, tetapi Anda harus menghindari memasang karpet yang menutupi seluruh lantai. Karena lantai Skandinavia tradisional biasanya terbuat dari kayu. Desain yang biasanya Anda terapkan dari bahan kulit buatlah dengan pola bergaris dalam bentuk geometris.

Membawa suasana alam ke dalam rumah

Anda harus memasukkan suasana alam ke ruang tamu Anda. Cara terbaik adalah melalui bunga dan tanaman yang sangat cantik di dalam pot. Seorang penduduk Kopenhagen pernah berkata bahwa bunga pada sebuah desain interior Skandinavia bukanlah pilihan, akan tetapi bagian dari esensi yang dicari.

Terapkan gaya tradisonal pada interior ruang tamu

ruang tamu skandinavia design
ruang tamu skandinavia design

Ide ruang tamu Skandinavia mencakup banyak jenis interior  furnitur unik, bukan berarti tidak nyaman atau tidak praktis dengan interior seperti tersebut pada ruang tamu anda. Faktanya, kami tidak menyarankan Anda melepas interior unik atau klasi yang saat ini Anda miliki, sebaliknya, biarkan menyatu dengan interior baru.

Anda juga bisa menerapkan perpaduan warna

gambar ruang tamu skandinavia
gambar ruang tamu skandinavia

Dekorasi Skandinavia memang terlihat monoton karena didominasi putih, abu-abu, dan sedikit tambahan warna pastel. Akan tetapi, anda dapat menambah beberapa warna dengan warna bernuansa alam, asalkan jelas atau alami, seperti merah muda, biru, hijau atau kuning.

Biasanya, furnitur berwarna lebih gelap kontras dengan seluruh ruangan. Namun, mereka juga bisa juga dengan warna putih.

Tambahkan beberapa hiasan dengan warna pastel, seperti hiasan lukisan dinding, atau melapis sepotong furnitur, sudah cukup untuk membuat ruang tamu Anda tetap menarik.

Ciptakan suasana santai

Hindari menempatkan peralatan teknologi di ruang Skandinavia ini. Tambah beberapa buku dengan apik dengan memasang rak buku dengan kursi untuk dibaca selama berjam-jam. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada secangkir teh di sebelah perapian dengan membaca buku yang bagus.

Jangan lupa bahwa Anda harus menyiapkan ruangan tidak hanya untuk diri Anda sendiri, tamu Anda juga harus menikmati kegiatan ini.

Ingatlah pentingnya ruang terbuka

Ruang tamu dengan tema Scandinavia cukup istimewa. Anda harus menjaga semuanya tetap di tempatnya untuk memanfaatkan setiap ruang terbuka. Area ini akan sempurna untuk membuat dekorasi kecil yang akan membantu kita mengatur diri kita lebih baik. Tampil apik dengan suasana dan ruangan yang terbuka membuat kita tetap nyaman dan hangat.

interior ruang tamu skandinavia
interior ruang tamu skandinavia

Membiarkan ruang terbuka luas adalah cara untuk mulai mengubah ruang tamu Anda dengan penampilan Skandinavia. Mulailah dari hal dan perubahan kecil, dengan area dan ruang yang terbuka menjadikan area tersebut lebih produktif . Pikiran kita harus tetap terbuka pada gaya-gaya baru di mana fungsionalitas adalah yang terpenting.

Sentuhan terakhir yang harus Anda pasang adalah foto. Pajang beberapa foto di dalam bingkai emas atau kayu tua dan layaknya anda memiliki sebuah galeri seni.

Ciptakan nuansa hangat dan damai

Tampaknya aneh bagi sebagian orang bahwa ruangan dengan konsep dan warna monoton tersebut sangat terkenal. Gaya Skandinavia tidak mudah di dekorasi karena palet warna dan bahan yang digunakan membuatnya tampak seperti kita menghadapi rumah yang kaku dan dingin.

Anda harus lebih bisa memahami dan dapat menemukan bahwa ruang tamu dengan konsep Skandinavia dapat tampil menarik, minimalis dan mampu membuat pengunjung maupun penghuni rumah betah lama-lama didalamnya. Bagian-bagian interior klasik dan modern harus didesain seimbang, semua untuk menciptakan keharmonisan di dalam rumah.